Apartemen merupakan hunian di pusat kota yang cocok bagi Anda pekerja dan keluarga muda. Bisa dijadikan sebagai tempat tinggal, memperoleh penghasilan pasif, maupun investasi masa depan. Apalagi saat ini, membeli apartemen semakin mudah dengan berbagai cara pembayaran apartemen yang ditawarkan. Jadi, Anda tidak perlu bingung lagi. Terutama, bagi Anda yang baru pertama kali melakukan pembelian apartemen.

Penasaran kira-kira cara pembayaran apartemen seperti apa yang paling sesuai untuk Anda? Yuk, simak macam-macam cara pembayaran apartemen beserta kelebihannya!

Pertama, Cash atau Tunai

Membeli apartemen secara tunai atau hard cash yaitu membayar harga properti secara penuh dalam jangka waktu tertentu sesuai kesepakatan. Cara ini paling sesuai untuk Anda yang memiliki dana besar atau anggaran khusus untuk membeli apartemen.

Apa keuntungan membayar apartemen secara tunai?

Dengan membeli apartemen secara tunai, Anda bisa memperoleh harga yang lebih murah karena tidak terbebani dengan bunga cicilan. Proses transaksi pembelian secara tunai relatif cepat dan tidak banyak biaya administrasi tambahan. Kelebihan lainnya, Anda tidak perlu memikirkan cicilan setiap bulan dan tidak dipusingkan dengan suku bunga yang fluktuatif selama masa pembayaran. Selain itu, dengan membayar tunai Anda juga berpeluang mendapat potongan harga yang lebih besar.

Kedua, DP Plus Cash Bertahap

Memiliki dana terbatas, kira-kira bisa atau tidak, ya, punya apartemen? Tentu saja bisa. Sebab, ada solusinya yaitu pembayaran DP (down payment atau uang muka) yang dipadukan dengan tunai bertahap. Cara pembayaran apartemen seperti ini disebut juga cash installment atau fasilitas cicilan dari developer. Sering juga disebut cicilan in-house. Waktu pembayaran cash bertahap biasanya berlangsung sekitar 6 sampai 24 bulan atau sesuai aturan masing-masing developer dan dengan besaran bunga yang juga ditentukan oleh developer. Jika sudah melakukan kesepakatan pembelian, selanjutnya Anda tinggal membuat surat Perjanjian Pengikatan Jual Beli (PPBJ) dengan developer.

Bagaimana dengan keuntungannya?

Keuntungan pembayaran dengan DP plus cash bertahap adalah proses pembelian lebih singkat. Anda cukup berhubungan dengan developer tanpa melibatkan bank. Sehingga, prosedur pembelian dimudahkan dan terhindar dari jangka waktu pengurusan yang panjang. Di samping itu, Anda pun terbebas dari fluktuasi suku bunga. Sebab, bunga yang dibayarkan sudah ditentukan oleh developer sebelumnya. Tenor kredit yang dibayar secara cash bertahap juga cenderung lebih pendek, sehingga Anda bisa melunasi properti dengan lebih cepat.

Ketiga, DP Plus KPA

Cara lain untuk membayar apartemen jika dana Anda belum terkumpul sepenuhnya adalah DP dengan KPA. KPA (Kredit Pemilikan Apartemen) merupakan program bantuan dari bank untuk memudahkan Anda dalam membeli hunian apartemen. Developer bekerja sama dengan bank untuk mempermudah proses pengajuan KPA. Beberapa dokumen yang harus disiapkan ketika mengajukan KPA adalah KTP, akta nikah atau cerai, kartu keluarga, surat keterangan WNI (untuk WNI keturunan), dan dokumen kepemilikan agunan (SHM, IMB, PBB), hingga dokumen terkait profil finansial dari pihak yang mengajukan kredit.

Apa, sih keuntungan membeli apartemen dengan DP plus KPA?

Keuntungannya, Anda bisa memiliki apartemen tanpa harus memiliki uang tunai dalam jumlah besar. Besaran cicilan dapat disesuaikan dengan pemasukan Anda setiap bulan. Harga cicilan apartemen tersebut juga sudah termasuk biaya tambahan seperti asuransi. Dengan demikian, Anda bisa terhindar dari kenaikan harga properti yang terus terjadi setiap tahun. Tidak hanya itu, KPA juga aman karena bank mengecek seluruh dokumen kepemilikan dan IMB properti. Dan pastinya, surat-surat yang Anda dapatkan terjamin keasliannya.

Keempat, DP Cicilan Plus KPA

Pembayaran down payment (DP) atau uang muka merupakan syarat wajib dalam melakukan KPA. Namun, bagaimana jika Anda juga masih kesulitan untuk membayar DP? Apakah Anda harus menunda pembelian apartemen? Jangan khawatir, ada jenis pembayaran DP cicilan plus KPA. Tidak hanya dipermudah dengan sistem pembayaran KPA, 1% uang mukanya juga dapat dicicil sebanyak 30 kali.

Kentungannya adalah meski dana terbatas, Anda tetap bisa membeli apartemen impian. Setelah cicilan uang muka selesai, barulah dilanjutkan dengan proses KPA. Soal harga, Anda akan mendapat kepastian karena harga apartemen telah ditentukan sejak awal. Jadi, lebih mudah untuk memprediksi jumlah yang harus dibayarkan.

Bermacam Cara Pembayaran Apartemen dan Kelebihannya (Infografis) - CitraPlaza Nagoya

Nah, sudah menemukan cara pembayaran apartemen yang paling pas dengan kondisi Anda?

CitraPlaza Nagoya adalah apartemen yang mendukung semua cara pembayaran di atas sesuai ketentuan yang berlaku. Mulai dari cash, hingga DP cicilan plus KPA. Misalnya untuk apartemen tipe studio, harga unitnya adalah Rp 400 juta, bisa dibeli dengan cicilan mulai dari Rp 4 jutaan. Sedangkan untuk tipe 1 bedroom dan 2 bedrooms, DP dapat dicicil sebesar 1% selama 30 kali plus KPA.

Dengan beragam jenis pembayaran tersebut, CitraPlaza Nagoya semakin memberikan kemudahan bagi pembelinya. Mau membeli secara tunai, cicilan in-house, KPA, atau pun cicilan DP plus KPA, segera saja hubungi WhatsApp +62-811-770-9800 (https://wa.me/628117709800). Tim marketing CitraPlaza Nagoya siap membantu Anda dan memberikan info selengkapnya.

Interested? Talk to us